Pemutih Gigi Kosmetik | Dokter Gigi Wellington

Apa Penyebab Bau Mulut?

Bau mulut adalah masalah gigi yang cukup umum yang dalam banyak kasus bersifat sementara dan hilang setelah Anda menyikat gigi.

Bau mulut yang lebih parah (halitosis) diperkirakan mempengaruhi sekitar 2,4 persen orang dewasa. Selain menjadi sumber rasa malu dan kehilangan kepercayaan diri, itu juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan mendasar yang membutuhkan perhatian segera.

Jika Anda menderita bau mulut, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membuat janji dengan dokter gigi Anda. Dengan memeriksa mulut Anda dan mengajukan pertanyaan tentang diet dan gaya hidup Anda, dokter gigi Anda akan mencari tahu apa yang menyebabkan napas Anda berbau sehingga mereka dapat merekomendasikan perawatan terbaik untuk memperbaikinya.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki bau mulut?

Sulit untuk mengetahui apakah Anda memiliki bau mulut karena otak dengan cepat menyaring rangsangan yang sudah biasa. Namun, bahkan jika Anda tidak bisa mencium bau napas Anda sendiri, orang lain mungkin bisa menciumnya saat Anda berbicara atau bernapas di dekat mereka, di situlah letak rasa malunya. Jika Anda khawatir orang mungkin akan tersentak atau bahkan menghindari Anda, mintalah seseorang yang Anda percaya untuk mengatakan yang sebenarnya.

Sementara bau mulut biasanya merupakan gejala halitosis yang paling jelas, tanda-tanda lain dapat mencakup:

mulut kering terus-menerus air liur menebal lapisan putih atau sensasi terbakar di lidah rasa asam, pahit atau logam di mulut Anda perlu membersihkan tenggorokan Anda

Jika bau mulut Anda disertai dengan salah satu gejala di atas, kemungkinan itu terkait dengan masalah kesehatan mulut yang mendasarinya, jadi pengobatan rumahan saja mungkin tidak cukup untuk menyegarkan napas Anda.

Apa tanda bau mulut?

Bau mulut adalah gejala umum dari masalah kesehatan mulut, dan terkadang dapat memiliki lebih dari satu penyebab. Mengetahui apa yang menyebabkan halitosis Anda bisa menjadi kunci pengobatan jangka panjang yang efektif. Alasan paling umum untuk bau mulut diuraikan di sini.

Bakteri

Sebagian besar kasus halitosis disebabkan oleh bakteri. Rata-rata mulut adalah tempat bagi ratusan jenis bakteri yang berbeda, bahkan ketika Anda mengikuti kebersihan mulut yang baik. Beberapa di antaranya memakan partikel makanan yang tertinggal di gigi Anda dan melepaskan produk sampingan yang berbau tidak sedap. Itulah salah satu alasan mengapa menyikat gigi secara teratur itu penting, serta flossing untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Bakteri yang menghasilkan bau belerang yang terkait dengan bau mulut hidup di bagian belakang lidah dan di tenggorokan. Jika Anda memiliki tingkat bakteri yang tinggi, mereka akan memecah protein dalam makanan yang Anda makan dan menghasilkan senyawa belerang yang mudah menguap, yang terbawa dalam napas Anda. Ini biasanya dapat diatasi dengan menggunakan obat kumur antibakteri yang diresepkan oleh dokter gigi Anda, yang membunuh bakteri serta menyegarkan napas.

Bau makanan dan minuman

Bau mulut sementara biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman tertentu dengan bau yang menyengat. Bau khas mereka dapat bertahan di mulut sampai Anda menyikat dan menggunakan benang gigi, dan bahkan setelah itu jika Anda tidak menghilangkan semua jejaknya.

Makanan yang mengandung senyawa belerang, seperti bawang putih dan bawang bombay, dapat melepaskannya ke dalam aliran darah, menyebabkan bau mulut lebih lama. Kopi dan minuman beralkohol dapat menyebabkan bau mulut dan memiliki efek tambahan mengurangi air liur, yang penting untuk membilas mulut bakteri.

Jika Anda berpikir bau mulut Anda mungkin terkait dengan diet Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk berhenti mengonsumsi makanan dan minuman tertentu atau mengurangi efeknya dengan berkumur dengan air dan mengunyah permen karet bebas gula.

Merokok

Merokok dapat mengurangi indra penciuman (dan juga rasa), jadi Anda mungkin tidak tahu bagaimana kebiasaan Anda memengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Tidak seperti bau makanan dan minuman yang biasanya hanya berlama-lama di mulut, bau asap rokok tetap ada di paru-paru dan tenggorokan, sehingga mungkin masih tercium berjam-jam setelahnya.

Selain menjadi penyebab langsung bau mulut, merokok juga meningkatkan risiko kesehatan mulut yang dapat memperburuk halitosis, termasuk penyakit gusi dan mulut kering. Dengan semua risiko kesehatan lain yang terkait dengan penggunaan tembakau, meningkatkan pernapasan Anda mungkin bukan motivasi utama untuk berhenti merokok, tetapi ini adalah salah satu yang harus ditambahkan.

Kebersihan mulut yang buruk

Mulut yang hangat dan basah adalah lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak, terutama jika Anda meninggalkan makanan untuk mereka di gigi karena tidak membersihkan mulut dengan benar setelah makan. Mengkonsumsi terlalu banyak gula atau pati dalam makanan ringan dan minuman ringan juga memberi makan bakteri dalam plak yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Anda dapat mengendalikan bakteri dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik setiap hari. Selain menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan flossing setiap hari, menyikat lidah dari belakang ke depan bisa membuat perbedaan besar dalam mengurangi bakteri. Anda dapat mengikis lidah dengan lembut menggunakan bagian belakang kepala sikat gigi atau menggunakan pengikis lidah khusus.

Jika dokter gigi Anda berpikir Anda perlu meningkatkan kebersihan mulut Anda, mereka mungkin merekomendasikan menyikat gigi lebih sering atau menambahkan obat kumur ke rutinitas Anda. Jika Anda memiliki kawat gigi, gigi palsu, atau perawatan gigi lainnya, ini perlu dibersihkan secara menyeluruh seperti halnya gigi untuk menghilangkan makanan dan bakteri yang terperangkap.

Penyakit gusi

Jika bau mulut Anda disertai dengan gusi bengkak, nyeri atau berdarah, ini bisa menjadi gejala penyakit gusi. Hal ini disebabkan ketika bakteri dalam plak menumpuk di sepanjang garis gusi, menyebabkan iritasi dan memicu respons peradangan tubuh Anda.

Sekitar satu dari lima orang Australia diperkirakan menderita gingivitis, yang merupakan tahap awal penyakit gusi. Ini sering dapat diobati dengan meningkatkan kebersihan mulut Anda di rumah atau mengunjungi dokter gigi Anda untuk perawatan pembersihan dan penskalaan.

Jika gingivitis berkembang menjadi periodontitis, hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen seperti gusi yang surut, pengeroposan tulang dan akhirnya kehilangan gigi. Penyakit gusi yang parah perlu ditangani oleh dokter gigi.

Kondisi kesehatan

Halitosis bisa menjadi gejala infeksi pada mulut dan sinus, seperti sariawan atau sinusitis kronis (jika Anda juga mengeluarkan cairan dari hidung). Refluks asam dan empedu dari lambung juga dapat meninggalkan bau pada nafas.

Jika Anda dan dokter gigi Anda mengesampingkan penyebab umum bau mulut, itu bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan lain yang mendasarinya, meskipun hal ini relatif jarang terjadi. Beberapa kondisi ini termasuk diabetes dan penyakit ginjal dan hati.

Jika hal ini memungkinkan, dokter gigi Anda akan menyarankan Anda untuk membuat janji dengan dokter. Mereka mungkin dapat memberi Anda diagnosis atau akan merujuk Anda ke spesialis yang memenuhi syarat yang dapat mendiagnosis masalah apa pun dan mendiskusikan perawatan.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut?

Tidak ada pengobatan tunggal untuk bau mulut atau halitosis. Semprotan nafas, permen mint, dan permen karet bebas gula dapat memberikan bantuan sementara, tetapi jika masalah berlanjut, Anda harus berusaha untuk mengobati penyebabnya, bukan hanya gejalanya.

Tergantung pada penyebabnya, bau mulut terkadang bisa dihilangkan dengan:

meningkatkan kebersihan mulut Anda – menyikat gigi, flossing dan menggosok lidah dengan lembut menghindari makanan dan minuman pedas, tembakau dan alkohol minum banyak air, terutama air keran yang mengandung fluoride yang membantu memperkuat gigi makan makanan renyah atau kenyal dan permen karet bebas gula untuk merangsang air liur berkumur dengan obat kumur antibakteri mengunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi

Perawatan bau mulut di Victoria Street Dental

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang penyebab bau mulut dan cara mengobatinya di rumah atau di klinik gigi, dokter gigi kami di Victoria Street Dental selalu dengan senang hati membantu.

Hubungi kami hari ini di (04) 555 1001 atau pesan online..

Leave a Reply